Peringati Hari Pohon 21 Nopember

Minggu (21/11) kemarin beberapa LSM lingkungan dikoordinir oleh Dewan Kota Surabaya mengadakan acara bersama dalam rangka peringatan Hari Pohon. Dalam acara yang digelar di Taman Bungkul tersebut dibagikan sekitar 500 bibit pohon kepada masyarakat umum secara gratis.

Yang sangat menggembirakan ternyata warga kota Surabaya ini terlihat sangat senang ketika menerima bibit pohon. Mereka berjanji akan menanam di lingkungan rumahnya. Beberapa warga yang saya wawancarai mengaku sebenarnya selama ini ingin sekali menanam pohon tetapi kesulitan mencari bibit.

Beberapa jenis yang kemarin dibagikan adalah Kenitu, Sirsat, Beringin dan Trembesi. Untuk yang halaman rumahnya sangat luas saya sarankan mengambil Beringin atau Trembesi. Sedangkan yang halaman rumahnya sempit bisa menanam Kenitu dan Sirsat yang kelak buahnya bisa dinikmati.

Tidak hanya orang dewasa, puluhan anak SD juga dilibatkan dalam acara tersebut. Mereka adalah siswa SDN Gubeng, siswa-siswi dari Bu Wiwik, salah satu aktifis Dewan Kota Surabaya. Mereka sangat antusias mendengarkan penjelasan saya tentang fungsi pohon sebagai penyaring udara. Saya juga selipkan penjelasan tentang proses fotosintesa dan bagaimana mengetahui usia pohon berdasarkan lingkaran tahun.

Selamat hari pohon, mari tanam pohon untuk lestarikan bumi!


Foto by Mbah Sangkil

  • Atas: Nella, Saya, Dana, Mellin, Maya, Eka, Dita, Hanie, Toko (Wehasta), Ahmad (B2W)
  • Bawah: bersama murid-murid SDN Gubeng

Liputan Media:

  1. SS.Net Foto – Hari Pohon, bagikan ratusan bibit di Taman Bungkul
  2. SS.Net Foto – Aktifis Lingkungan
  3. SS.Net Foto – Ingin Menanam
  4. SS.Net Foto – Senangnya…
  5. SS.Net Kelana Kota – Hari Pohon, Bagi-bagi Ratusan Pohon di Taman Bungkul

2 thoughts on “Peringati Hari Pohon 21 Nopember

  1. marsudiyanto

    Wah…
    Mas Budiono nek bab pelestarian alam jan top markotop…
    Harusnya banyak generasi muda lain yang mengikuti jejaknya…
    Salam untuk Mbah Sangkil juga :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 5 = zero

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>