Peringati Hari Pahlawan dengan Donor Darah

donor darah pmi embong ploso surabayaInilah cara kami memperingati Hari Pahlawan. Inilah cara kami berterimakasih kepada Arek-arek Suroboyo yang waktu itu rela mengorbankan nyawanya demi keutuhan negeri ini. Semangat mereka waktu itu tergambar jelas dalam Pidato  Bung Tomo yang berapi-api, mengajak segenap warga Surabaya untuk tidak gentar melawan penjajah.

Kami datang berempat ke PMI Embong Ploso, tempat favorit kami untuk mendonorkan darah kami. Saya datang bersama istri saya, menyusul Sangkil dan Kucluk yang datang lebih dulu. Kami janjian jam 8 malam setelah istri saya selesai praktek malam. Rupanya PMI Embong Ploso sedang kebanjiran pendonor darah sehingga Sangkil dan Kucluk yang tiba di lokasi lebih dulu menunggu kami di luar, di pos satpam!

Meskipun datang berempat, yang boleh donor darah hanya saya dan Kucluk. Istri saya belum berani donor darah, sedangkan Sangkil belum boleh donor darah karena masih mengonsumsi antibiotik dosis tinggi. Sangkil masih dalam masa recovery setelah operasi osteomyelitis beberapa minggu lalu.

Rupanya hari itu ada banyak warga Surabaya yang tergerak hatinya untuk mendonorkan darah. Ketika berbaring di tempat penyadapan darah, saya sempat bertanya ke bapak-bapak di sebelah kanan dan kiri saya, mereka memang sengaja donor darah pada hari itu untuk memperingati Hari Pahlawan. Saking banyaknya pendonor yang datang sejak pagi hingga malam, petugas sadap darah sampai kewalahan dan terlihat kecapekan. Bagaimana tidak, 4 petugas sadap darah harus melayani 15 meja sadap secara terus menerus.

Terimakasih, para Pahlawan! Terimakasih telah merelakan darahmu tertumpah demi kejayaan Surabaya dan Indonesia! Kini kami hanya bisa menumpahkan 350 cc darah. Tentu tidak sebanding dengan darahmu yang tertumpah akibat terjangan bedil-bedil penjajah waktu itu! Semoga perjuanganmu waktu itu menjadikanmu mulia di akhirat kelak. Aamiin..

15 thoughts on “Peringati Hari Pahlawan dengan Donor Darah

  1. mbah sangkil

    dengan alat timbangan baru itu akhirnya aku bisa tau kecepatan mengalirnya darah kalian ke dalam kantong donor. Kecepatan darahmu banter pakdhe, tapi kasian sing sebelah kirimu, koyok e pembuluh darahnya tersumbat sampai harus dipindah lengan kiri dan kanan

  2. Orang

    Mungkin donor darah untuk sebagian orang merupakan hal yang kurang kerjaan dan tidak bermanfaat. Akan tetapi, ternyata donor darah memiliki manfaat untuk diri kita sendiri selain untuk orang yang memerlukan darah tersebut. :)

  3. dafhy

    sedih membaca postingan ini, karena saya 4 kali mau donor darah tidak pernah berhasil karena tekanan darah sangat rendah :’(

  4. gadisjeruk

    alhamdulillah, saya lumayan rutin ikutan donor darah..
    tapi ni jadi dilema, di sisi lain pengen diet nurunin berat badan, eh tapi kalo keturutan, nanti saya di bawah batas minimal berat badan buat donor. hiks :(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three − 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>