Joni Hermana Terpilih Menjadi Rektor ITS

Babak final pemilihan Rektor ITS telah usai hari ini, Rabu 4 Februari 2015. Ada 3 kandidat calon Rektor yang bersaing memperebutkan suara Senat ITS dan suara Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). Ketiga kandidat itu adalah: Joni Hermana, Djauhar Manfaat dan Eko Budi Djatmiko.

Joni Hermana Rektor ITS

Sejak awal Joni Hermana memang sudah terlihat unggul. Dalam pemilihan oleh Senat ITS dia memperoleh suara mayoritas. Dari 52 orang senat, Joni Hermana berhasil mengantongi suara mayoritas, disusul Djauhar Manfaat mendapat 10 suara dan Eko Budi Djatmiko hanya mendapat 7 suara. Calon lain tidak bisa masuk babak pemilihan bersama Menristekdikti karena hanya diambil 3 besar.

Dalam pemilihan hari ini, Senat ITS sebanyak 52 orang yang merupakan perwakilan setiap jurusan di ITS melakukan pemilihan babak akhir bersama menteri yang memiliki hak suara 35% atau setara dengan 28 suara. Sehingga secara keseluruhan terdapat 80 suara untuk diperebutkan ketiga kandidat.

Pemilihan yang dilangsungkan di Rektorat ITS mulai pukul 13.00 tersebut awalnya menghasilkan suara imbang antara Joni Hermana dan Eko Budi Djatmiko. Keduanya mendapatkan 38 suara, sementara Djauhar Manfaat hanya mendapatkan 4 suara. Kemudian diadakan pemilihan ulang.

Akhirnya Joni Hermana terpilih menjadi Rektor ITS periode 2015-2020 setelah memperoleh 40 suara pada pemilihan ulang, hanya selisih 1 suara dibanding Eko Budi Djatmiko yang mendapatkan 39 suara. Sedangkan 1 suara tidak digunakan oleh seorang anggota Senat ITS yang memutuskan meninggalkan lokasi sebelum pemilihan ulang dimulai.

Hasil pemilihan rektor ITS ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Joni Hermana memang unggul sejak tahap penjaringan Bakal Calon Rektor oleh Dosen, Karyawan dan Mahasiswa. Namanya juga moncer di pemilihan Calon Rektor oleh Senat ITS. Yang mengejutkan justru Eko Budi Djatmiko yang kabarnya mendapatkan dukungan 100% suara menteri namun tetap saja kalah. Artinya pendukung Joni Hermana memang sangat solid, bahkan mendapatkan tambahan dukungan dari pendukung Djauhar Manfaat.

Selamat kepada Prof. Joni Hermana. Tanggungjawab besar mengantarkan ITS menjadi PTN BH seutuhnya sudah menunggu di depan mata. Singsingkan lengan baju, kencangkan ikat pinggang! Nahkodai Kapal Besar ITS ini menuju kejayaan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Vivaaatt!!!

—————
Foto: Facebook Joni Hermana for ITS 1

6 Comments

  1. galihsatria 06/02/2015
  2. islam di dadaku 07/02/2015
  3. Rumah Bersama 07/02/2015
  4. ITS CAK 10/02/2015
  5. Bambank 13/02/2015
  6. Budi S Galuh 28/05/2015

Leave a Reply